Inilah Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Muncul & Cara Menjawabnya

Pertanyaan interview kerja dan jawabannya - proses rekrutmen dalam perusahaan biasanya diakhiri dengan proses seleksi wawancara. Banyaknya pelamar kerja yang tidak lolos dalam seleksi wawancara ini tentu bukan tanpa sebab, karena perusahaan benar-benar ingin mengetahui apakah kandidat yang melamar sudah pantas untuk mengisi jabatan yang ditawarkan, dan potensi apa sajakah yang akan diberikan jika nanti diterima dalam perusahaan sebagai upaya untuk mencapai tujuan perusahaan. Banyak di antara pelamar kerja yang tidak lolos dalam seleksi wawancara kerja karena ketidaksiapan menghadapi pertanyaan wawancara kerja dan terjebak pada pertanyaan tertentu yang diajukan oleh pewawancara.

10 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling Sering Ditanyakan HRD

Berikut ini adalah contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering muncul dalam artian sering ditanyakan oleh HRD berikut cara menjawabnya.


Beritahukan kami tentang diri anda

Sebaiknya anda memberilan jawaban yang tepat dan tidak bertele-tele, jawablah dengan aktifitas anda belakangan ini, pendidikan dan pengalaman kerja yang terakhir.


Apa yang anda ketahui tentang kami ?

Ada baiknya anda mempelajari profil perusahaan yang anda lamar dan tekankan pada keunggulan perusahaan tersebut sehingga anda pun berminat mengisi posisi yang ditawarkan dan bergabung dengan perusahaan.


Apa yang akan anda berikan untuk perusahaan?

Anda bisa menyebutkan bakat dan kemampuan maupun skill anda beserta prestasi dan jenjang karir yang telah anda raih. Anda juga bisa menyebutkan kemampuan anda dalam identifikasi masalah, analisis maupun problem solving.


Apa kelemahan anda ?

Berikanlah jawaban yang diplomatis sehingga saat anda mengungkapkan kelemahan anda, anda pun menyatakan keinginan anda untuk memperbaiki diri dan menunjukka kelebihan anda di bidang lainnya.


Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini?

Berikanlah jawaban yang spesifik mengenai keahlian di bidang yang anda lamar.


Apakah anda bisa bekerja dalam satu tim ?

Berikanlah jawaban iya, dan kemukakan pengalaman kerja anda bersama tim yang pernah anda jalani sebelumnya.


Apa yang anda ketahui tentang posisi yang anda lamar ?

Berikanlah jawaban singkat mengenai tugas dan tanggungjawab posisi yang dimaksud, dan sebaiknya anda mengetahui dan mengerti posisi yang anda lamar.


Berdasarkan resume anda, kami rasa anda terlalu berpengalaman untuk posisi ini, apa pendapat anda?

Anda harus hati-hati dengan pertanyaan jebakan seperti ini, berikanlah jawaban yang menunjukkab kerendah hatian anda dengan menyatakan keinginan anda untuk lebih mengenal perusahaan sehingga bisa mengetahui seberapa efisien kah kontribusi anda pada perusahaan.


Kenapa anda meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya ?

Berikanlah jawaban yang bijak dan tepat dan jangan menunjukkan bahwa anda lebih mementingkan kestabilan keuangan anda secara pribadi.


Berapa gaji yang anda harapkan

Pertanyaan wawancara kerja yang satu ini cukup sensitif dan sebaiknya anda menanyakan kisaran gaji untuk posisi yang anda lamar, sehingga anda bisa mengkalkulasi gaji anda.



Itulah beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering diajukan oleh pewawancara berikut cara menjawabnya.

lihat juga :
Tips menjawab pertanyaan interview kerja dan jawaban terbaiknya

Akhir kata semoga artikel yang kami bagikanbbisa menjadi referensi anda saat mengikuti wawancara kerja. Good luck!

0 Response to "Inilah Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Muncul & Cara Menjawabnya"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar. Admin akan segera menjawabnya pada jam kerja.