Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Dan Jawaban Terbaiknya

Menyandang predikat sebagai lulusan baru (fresh graduate) tentunya memiliki plus minusnya, utamanya belum memiliki pengalaman dalam mengikuti rangkaian proses rekrutmen menjadi karyawan sebuah perusahaan atau instansi, salah satunya tes wawancara kerja (interview).

Seberapa bingungnya Kamu yang jelas proses seleksi adalah sebuah keniscayaan yang mesti Kamu hadapi bila ingin bekerja di salah satu perusaan impianmu. Karena minim pengalaman, tak ayal selalu menjadi biang keladi dari tidak lolosnya pelamar kerja, gara-gara kurang memberikan jawaban berbobot disaat wawancara kerja.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Dan Jawaban Terbaiknya

Agar tak mengalami hal serupa, mengetahui cara menjawab wawancara yang baik tentunya akan menjadi nilai tambah pada persiapanmu dalam mengahadapi tes wawancara kerja yang sesungguhnya. Mengapa? pertama, Kamu bisa mempersiapkan diri lebih baik. Kedua, Kamu akan lebih merasa percaya diri sehingga bisa meningkatkan performa diri dan lebih baik dari kandidat lain. Dan yang terakhir, semangatmu akan berlipat ganda karena dengan persiapan yang baik, mentalmu akan lebih siap dan berani.

Keunikan dari sebuah tes wawancara kerja, tentunya bukan benar atau tidaknya Kamu menjawab melainkan kepandaianmu mengambil sikap diri, keterusterangan hingga mampu memberikan jawaban-jawaban yang kaya ide, meyakinkan dan berbobot pada pewawancara. Jangan remehkan pertanyaan wawancara kerja, walau ada beberapa pertanyaan wawancara yang tampak mudah padahal jawabannya boleh dibilang butuh mikir alias butuh konsep menjawab yang jelas.

Next, lebih mudahnya coba perhatikan contoh pertanyaan dan jawaban wawancara ini;

Ceritakan tentang diri Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, boleh-boleh saja Kamu menjawab dari nama lengkap Kamu, alamat atau tempat tinggalmu hingga data diri lainnya. Tapi jawaban tersebut tak lebih dari jawab normatif atau kurang berbobot dan sudah Kamu cantumkan pada data pribadi CV lamaran kerjamu. Jika posisi yang dilamar bidang IT  dan Kamu adalah lulusan IT, Alangkah baiknya cara menjawabnya demikian;

“ Saya lulusan Sarjana Teknik Informatika dari Universitas Komunikasi. Ketika melakukan praktek magang di salah satu instansi pemerintahan Dinas Kesehatan, saya menganalisa basis data maupun sistem informasi pelayanan kesehatan (Yankes) yang sedang berjalan dan mampu menkonversi sistem manual menjadi sistem komputasi digital berbasis pemograman. Hasil aplikasi menunjukan adanya perubahan dan percepatan kinerja staf yang semula bersifat konvensional menjadi sebuah sistem pengolahan data yang lebih efektif hingga pembuatan laporan dan peluncuran sertifikan perizinan yang lebih cepat. Dari pengalaman dan keterampilan saya dalam pemrograman visual tersebut, menjadi alasan saya tertarik mengisi posisi Staf IT dan berkerja di PT. Nusantara Jaya”.

Apa keberhasilan terbesar Anda?
Untuk mennjawab pertanyaan ini, pentunjuknya dapat Kamu sampaikan beberapa prestasimu yang relevan selama pendidikan dengan posisi pekerjaan misalanya saja,

“Saya dapat lulus tepat waktu dengan prestasi yang memuaskan, sebagai penerima salahsatu beasiswa mahasiswa berprestasi. Selain itu, selama magang Saya mampu membuat beberapa proto type program aplikasi yang dapat digunakan, sampai sekarang dijadikan sampel serta proyek pengembangan oleh salah satu instansi pemerintah”.

Adapun setiap pertanyaan yang akan diberikan sama Kamu, kiat menjawabnya ialah;

Berikanlah jawaban yang jujur dan spesifik.

Ketahuilah masalahnya, jelaskan solusinya hingga tindakan yang akan Kamu lakukan jika pertanyaan tersebut memiliki motif ingin mengetahui kinerja masa depan Kamu.

Jika yang dipertanyakan tentang masalah yang berkaitan dengan keahlianmu, cobalah masukan keahlian tersebut dalam jawaban guna menunjukan kalau Kamu mampu menyelesaikan masalah yang dipertanyakan pewawancara.

Sudah tergambar kan? walau pertanyaannya tampak pendek dan mudah tapi itulah sedikit contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja yang setidaknya butuh kecerdasanmu ketika menjawabnya. So, berlatihlah dan berikanlah jawaban yang dibutuhkan perusahaan, hingga mereka tahu bahwa Kamu adalah solusi dari yang mereka inginkan. Salam sukses ya!
Advertisement

0 Response to "Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Dan Jawaban Terbaiknya"

Posting Komentar