Segera Lakukan Hal Ini Selagi Menganggur

Sebagian besar sepakat kalau cari pekerjaan saat ini terbilang sulit. Selain yang semakin ketat, ditambah lagi lapangan kerja yang terbatas dan tidak sebanding dengan animo pencari kerja yang kian meningkat. Untuk kelas perusahaan berlabel nasional, hanya bagi mereka yang kaya skill serta memiliki kompetensi yang mumpuni boleh dibilah memiliki persentase peluang lebih besar. Menganggur adalah sebuah realitas yang bisa saja anda hadapi sekarang, bukan sebuah pilihan namun lebih kepada ‘keterpaksaan’.

Segera Lakukan Hal Ini Selagi Menganggur
Kredit gambar : antaranews.com

Dampak menganggur yang terlalu lama bisa menimbulkan stres, depresi, kecewa, marah hingga sampai frustasi. Namun, pada dasarnya itu bisa anda hindari jika anda mau berpikir positif, berusaha, bersabar dan berada pada lingkunan yang tepat. Kemampuan dan skill masih bisa anda asah dan tingkatkan, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih terbuka lagi. Inilah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang saat menganggur :

Ikut Magang atau Freelance

Sebelum mendapat pekerjaan tetap, yang bisa anda lakukan ialah bekerja paruh waktu atau magang. Hindari pemikiran bahwa anda bekerja dengan gaji cukup, tapi dengan bertambahnya pengalaman, sekecil apapun riwayat pengalaman anda tentu bisa menjadi nilai jual ketimbang tidak ada sama sekali. Usahakan pengalaman magang anda yang relevan dengan latar belakang pendidikan, hal ini bisa memperkuat literatur pada CV kerja anda jika dikemudian hari ada lowongan kerja yang lebih menarik.


Kursus Keterampilan atau Pelatihan Mandiri

Buat anda yang memiliki budget dan belum memiliki keterampilan yang cukup, sebaiknya mengikuti kelas kursus. Pilihan kursus yang anda inginkan beragam, baik kursus bahasa, komputer atau bidang lainnya yang disesuaikan denga prioritas pekerjaan pilihan anda. Bilamana kursus bukan pilihan dan dianggap memberatkan anda, meningkatkan keterampilanmu bisa dengan cara belajar sendiri. Melakukan latiahan secara mandiri lewat buku-buku, sumber-sumber online dari internet seperti e-book, video tutorial, dan lainnya.


Perluas Networking

Membangun relasi yang lebih luas, menjadi kunci membuka peluang yang lebih besar. Untuk itu silakan jalin komunikasi dengan guru dam dosen pembimbing, kakak kelas, teman, dan kolega lainnya yang anda kenal. Selain itu, ikut komunitas tertentu, atau melalui rekan di tempatmu kursus, magang, dan lain-lain.


Mencoba aktif di dunia online

Peluang bisa dimana saja termasuk disunia online. Selain berbagi informasi yang bisa anda dapatkan, namun kemungkinan besar anda menemukan dan memperoleh profesi lain diluar pekerjaan yang anda pikirkan selama ini. Lewat internet, anda juga bisa menampilkan kualitas dan potensi sehingga bisa dilihat orang lebih luas lagi. Jika memungkinkan anda bisa membangun blog, menuliskan ide, pikiran, dan berbagi ilmu yang anda ketahui. Mencoba membangun interaksi yang positif melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang hunting calon karyawannya lewat aktivitas pelamar di dunia maya karena dari aktivitas positif anda menjadi nilai tambah tersendiri di mata perusahaan.

Cobalah dan lakukan!.
Advertisement

0 Response to "Segera Lakukan Hal Ini Selagi Menganggur"

Posting Komentar