Cara Melamar Kerja di Pertamina Agar Bisa Diterima

Hai pencaker, Pertamina sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus menjadi salah satu perusahaan yang diminati calon pencari kerja. Namun tatkala melamar kerja, tidak sedikit kandidat yang gagal tes seleksi perusahaan tersebut.

Cara Melamar Kerja di Pertamina Agar Bisa Diterima
Kantor Pertamina Cabang Bandung

Agar anda lebih memahami cara melamar kerja di Pertamina saat ada lowongan di cabang manapun entah itu Pertamina Bandung, Pertamina Cirebon, maupun pertamina pusat Jakarta, kali ini kami akan ulas beberapa langkah yang bisa anda pelajari :

  • Penerimaan karyawan biasanya dilakukan setahun dua kali, baik awal dan akhir tahun yang bisa menyaring kandidat sekitar 150-200 orang, terkecuali untuk beberapa jabatan profesional bisa dilakukan sewaktu-waktu. Bagi anda yang tertarik bergabung di Pertamina, tidak perlu mengirimkan lamaran karena cara melamar kerja di Pertamina cukup dengan mengisi aplikasi di situs resmi Pertamina. Disamping melamar melalui website resmi Pertamina, BUMN ini selalu membuka kesempatan melalui job fair yang diselenggarakan diberbagai kampus atau perguruan tinggi. Prosesnya hampir sama seperti saat mengisi lamaran melalui situs resmi perusahaan yakni Pertamina.com bukan yang lain.
  • Usai semua datanya masuk di submit databasePerusahaan, selanjutnya cara melamar kerja di Pertamina akan diberikan kesempatan tes secara online seraya rekrutmen secara online ini sudah dilakukan Pertamina sejak tujuh tahun lalu. Kesempatan tes secara online ini akan diberikan bagi kandidat yang lolos seleksi secara administratif. Supaya lulus tahap seleksi administratif, sebaiknya anda memasukan data diri selengkap mungkin. Tidak lupa berbagai persyaratan dan kualifikasi yang ditetapkan juga dipenuhi, seperti mulai dari IPK minimal 3.00, latar belakang pendidikan dan jurusan serta pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Keselurahan seleksi administratif ini dilakukan oleh sistem. Buat anda yang lolos tahap ini, akan menerima jawaban melalui surat atau email balasan yang dikirimkan langsung oleh Pertamina untuk menjalani tes via online. Ingat!, hati-hati dengan surat/email balasan palsu yang mengatasnamakan Pertamina yang ujung-ujungnya minta transfer uang atau biaya dengan modus travel atau akomodasi.
  • Lantas, Apa saja yang biasanya menjadi materi tes melalui internet itu?. Pastinya adalah pengetahuan akademik juga bahasa Inggris, walau dilakukan tes secara online bukan berarti anda leluasa dan bisa dengan mudah menjawab pertanyaan. Ada durasi maupun batas waktu yang sudah ditentukan sehingga pertanyaan harus dijawab dengan tepat juga secepatnya. Dalam cara melamar kerja di Pertamina, setelah anda lulus tes administrasi serta pengetahuan dan bahasa Inggris, tahap selanjutnya kandidat kembali menjalani seleksi yaitu dipanggil untuk mengikuti psikotes dan interview (wawancara kerja). Bukan rahasia lagi, biasanya pada tahapan ini banyak pelamar yang berguguran.
  • Nah, gimana caranya agar bisa terpilih?. Ini clue atau petunjuknya, prinsipnya perusahaan akan memberikan beberapa penilaian yaitu ingin melihat apa yang membedakan anda sebagai peserta dengan peserta lainnya, sejauhmana kemampuan yang dimilikinya bisa berkontribusi untuk perusahaan hingga apa yang membedakan anda dengan kandidat lainnya. Supaya lulus dari tahap intervew kerja, tiap kandidat masih memiliki kewajiban menjalani satu tes lagi yaitu tes kesehatan. Baru setelah berhasil melampaui semua tes tersebut, kandidat betul-betul diterima bekerja. Buat anda yang baru lulus kuliah (fresh graduate), tidak usah kuatir karena Pertamina biasanya menyelengarakan dan mewajibkan pendidikan dan latihan (diklat) selama setahun, sesuai keahlian maupun bidangnya masing-masing.


Demikian informasi cara melamar kerja di Pertamina, semoga anda mendapat pengetahuan yang cukup agar lulus seleksi dan terhindar dari penipuan bermodus rekrutmen kerja Pertamina atau BUMN lainnya. Selamat mencoba dan sukses ya.
Advertisement

0 Response to "Cara Melamar Kerja di Pertamina Agar Bisa Diterima "

Posting Komentar