Modul Materi Soal - Soal Psikotes Bank Danamon

Bank Danamon memiliki aspirasi menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya atau Employer of Choice. Sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka di Indonesia, bank ini kerap membuka beragam peluang bagi karyawan, menjadikan mereka sebagai calon pemimpin yang profesional dan disiplin. Anda tertarik bergabung?, untuk masuk dan bekerja di Bank Danamon tidaklah mudah. Seperti perusahaan bank lainnya, harus mengikuti tahapan proses seleksi yang cukup ketat salah satunya Psikotes Bank Danamon.

Modul Materi Soal - Soal Psikotes Bank Danamon

Psikotes Bank Danamon mempunyai beberapa kriteria diantaranya untuk melihat apakah calon karyawan memiliki background pendidikan yang tepat sesuai dengan dunia kerja perbankkan dan struktur organisasi bank, memahami produk-produk perbankkan dan service, layanan nasabah bank sehingga tahu market yang tepat dan sesuai dengan target dan branding produk bank. Selain itu apakah memahami struktur kerja pada bank agar mengerti definisi pekerjaan dan kontribusi yang akan berikan ke bank agar bisa mencapai target bank serta memahami segmentasi psikotes dan psikometri terutama yang berhubungan dengan operasional angka dan bilangan. Untuk latar belakang pendidikan yang pertama jelas sudah pasti ekonomi akuntansi, tapi dibalik itu semua anda harus memulai persiapan dalam menghadapi Soal Psikotes Bank dan Jawaban.

Materi uji Psikotes Bank Danamon yang sering muncul diantaranya :

Tes Army Alpha 

Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang. Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta. Untuk dunia kerja, tes ini terkadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat.


Psikotes Baumm Tree (Tree Test) 

Dalam psikotes ini, anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi. Adakalanya anda diminta menggambar pohon tertentu seperti pohon apel, pohon mangga, dll. Atau pohon tanpa buah. Atau pohon merambat. Atau pohon besar. Ataupun sebuah pohon dengan kriteria yang diinginkan penguji.
Psikotes DAP ini adalah tes yang sederhana. Tak ada kendala bahasa, budaya maupun kendala komunikasi antara penguji dan peserta tes. Tes ini juga sangat universal dipakai dalam berbagai keperluan psikologi. Di Indonesia tes menggambar orang ini sangat luas dipakai untuk seleksi penerimaan karyawan swasta, pegawai BUMN, maupun instansi lainnya. Dalam tes ini, anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar tiga orang pada tiga lembar terpisah. Yaitu gambar laki-laki. Gambar perempuan. Dan gambar diri anda sendiri.


Psikotes Efektifitas Diri

Tes ini bertujuan mengetahui seberapa efektif seseorang dalam melaksanakan tugas dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit. Dalam dunia kerja tes ini sering dipakai untuk menyeleksi calon karyawan apakah memiliki karakter efektif atau tidak. Karyawan yang efektif adalah yang memiliki sikap tangkas dan cekatan mengerjakan tugas secara benar dan cepat. Sedangkan karyawan yang kurang efektif adalah yang ketika mengerjakan tugas, dia membutuhkan waktu lebih lama dari rata-rata orang dan tugasnyapun kurang terselesaikan dengan baik.


Psikotes Tes Ketelitian

Tes ketelitian adalah sebuah tes psikologi (psikotes) yang bertujuan mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian seseorang dalam mengolah data. Adapun data bisa berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya. Tes ketelitian ini terkadang dipakai dalam proses seleksi karyawan yang akan ditempatkan pada bidang-bidang yang memang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, seperti akuntan, data administrator, dll. Jika anda melamar pekerjaan pada bidang-bidang yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi seperti itu, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu bentuk-bentuk soal tes ketelitian ini untuk mempersiapkan diri anda agar lebih akrab dan lebih siap terhadap soal-soal yang akan diujikan.
Advertisement

0 Response to "Modul Materi Soal - Soal Psikotes Bank Danamon"

Posting Komentar