Keuntungan Kerja Di Perusahaan Kecil Bagi Fresh Graduate

Date Posted

Baru terima surat kelulusan tapi bingung cari kerja di perusahaan yang bagus ? mimpi ingin bekerja di perusahaan besar, ternama atau bahkan bertaraf internasional tentu menjadi harapan dari sekian banyak pencari kerja. Selain tampak lebih keren, perusahaan juga dapat menjamin dan memberikan berbagai fasilatas, akomodasi hingga kesejahteraan karyawan diatas rata-rata. Sehingga tak heran, bila perusahaan besar tersebut membuka lowongan pekerjaan maka ada ribuan dan berjubel orang yang melamar.

Namun jika pada akhirnya bukan Anda yang mendapatkan pekerjaan tersebut, jangan berkecil hati dan putus asa. Mungkin ini saatnya bagi Anda untuk memutuskan melamar di perusahaan kecil atau perusahaan yang baru berkembang. Sangat masuk akal bila mengalami naik turun yang membuat jantung berdebar, hal ini disebabkan dinamika kerja yang sangat dinamis, kamu bisa bekerja lebih efisien, tidak adanya batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan bisnis.

Keuntungan Kerja Di Perusahaan Kecil Bagi Fresh Graduate

Masih ragu kerja di perusahaan kecil?, mari kita simak keuntungan lainnya yang ditawarkan perusahaan kecil bagi Anda berikut ini :


Kekeluargaan

Mengingat jumlah karyawan yang relatif sedikit di Perusahaan kecil maka memungkinkan lingkungan kerja yang lebih kekeluargaan sehingga menjadi poin penting karena dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Sebaliknya bila Anda bekerja di perusahaan besar, meski sudah bertahun-tahun belum tentu bisa mengenal satu sama lain.


Inovasi

Bekerja di perusahaan kecil berpeluang menemukan tim yang bersemangat dan antusias. Hal ini dapat memicu inspirasi dan akhirnya akan muncul ide-ide yang inovatif. Hal ini akan mendorong ke perkembangan bisnis yang lebih maju lagi. Menjadi bagian dari tim kewirausahaan juga merupakan cara terbaik untuk belajar tentang inovasi mengenai bagaimana menangani masalah dan menemukan cara efisien mengatasinya.


Pencapaianmu yang nyata

Dengan bekerja di perusahaan kecil, hasil kerjamu akan terlihat nyata, sekecil apapun itu. Anda bisa berkontribusi secara langsung dan terlibat dalam setiap program perusahaanmu, sehingga Anda akan bisa produktif setiap harinya. Hasil kerja akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan ataupun kegagalan bisnis perusahaan. Karena hal itulah, sistem organisasi mereka dibuat sedatar mungkin.


Mengembangkan Skill

Walaupun kamu mempunyai job description yang jelas, namun bukan berarti kamu tidak bisa belajar hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Walau mungkin hal tersebut tidak terlalu terdengar positif, tapi bagi kamu yang menginginkan tantangan pastinya akan bersemangat untuk berkerja di perusahaan kecil atau pun startup. Anggap saja hal baru yang akan kamu pelajari sebagai selingan untuk menghindari kebosanan yang umumnya dilanda karyawan perusahaan besar.


Mengembangkan Karir

Bila saat ini Anda masih sedang merancang karir impian, bukan tidak mungkin dikemudian hari akan mendapat tawaran di posisi yang Anda inginkan. Jika tekun dan berusaha keras mewujudkannya, tinggal selangkah lagi Anda akan berada di posisi tersebut. Misalnya saja jika Anda memiliki cita-cita yang ingin membangun perusahaan sendiri, maka bekerja di perusahaan kecil akan menjadi pembinaan diri terbaik. Lingkungan kerja di perusahaan kecil bisa mendidik Anda tentang cara menetapkan tujuan, melaksanakan strategi, menjalankan operasi bisnis.


Bekerja di perusahaan besar dan ternama memang menguntungkan. Tapi hal bukan berarti Anda memandang sebelah mata terhadap perusahaan kecil. Bila Anda menyukai tantangan jadi tidak ada alasan untuk putus asa lamaran pekerjaanmu tidak ada tanggapan dari perusahaan besar, dimana perusahaan kecil bisa menjadi alternatif solusi karir Anda.