Tips Interview Kerja Bagi Fresh Graduate Agar Sukses

Interview kerja bisa dikatakan tahap terpenting dalam proses seleksi karyawan di suatu perusahaan, selain melihat kemampuan berkomunikasi dan bersikap, interview kerja diperlukan sebagai proses konfirmasi tahapan tes lainnya.

Berikut kami sampaikan tips dalam menghadapi interview kerja:

Tips Interview Kerja Bagi Fresh Graduate Agar Sukses


Sebelumnya, Pastikan data diri di CV benar, berguna, dan efektif

Tulislah data diri, pengalaman, dan keahlian dalam CV sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar. Buat dengan sejujur mungkin, karena dalam CV digunakan oleh HRD sebagai dasar panduan dalam interview kerja.


Cek lokasi interview

Jangan sampai interview anda gagal, hanya karena terlambat datang ke lokasi test. Sebaiknya minimal 1 hari sebelumnya telah cek lokasi tempat interview, lebih baik lagi jika sudah tau ruangan test (jika di gedung perkantoran/ universitas besar). Jadi di hari H sudah tak perlu cemas dengan lokasi interview. Waktu bisa digunakan untuk mempelajari materi interview.


Datang 30 menit sebelum waktunya

Penting untuk menunjukkan kedisiplinan dan keseriusan dalam melamar pekerjaan, terlebih masih sebagai “calon karyawan”.


Bawa buku tulis & alat tulis

Masih banyak HRD atau pimpinan perusahaan yang merasa pelamar kerja perlu mencatat hal-hal penting di buku tulis.


Pakaian rapi

Sudah barang tentu ini wajib, menggunakan pakaian professional, warna celana gelap, warna baju soft.


Etika

Masih banyak penilaian berkaitan dengan etika dalam interview kerja, seperti tunggu dipersilakan duduk, menjawab jika interviewer telah selesai memberikan pertanyaan, dll. Tentang jabat tangan, jika interviewer tidak mengajak jabat tangan duluan, tak perlu melakukannya.


Perkenalan diri

Biasanya oleh HRD calon karyawan diminta untuk perkenalan diri sebagai pemecah suasana, juga untuk melihat kecakapan dalam berkomunikasi. Baiknya, jangan sampaikan saya lahir di bla bla bla, sekolah di bla bla bla. Semua data itu bisa dilihat oleh HRD di lembar CV yang anda kirim. Perkenalan diri adalah momen untuk “menjual diri” calon karyawan. Sampaikan sifat anda yang positif, atau jika ada sifat/ karakter yang buruk, dapat anda sampaikan dalam usaha untuk memperbaiki/ menghilangkannya.


Wangi

Aroma anda yang menyegarkan tentu membuat betah dan senang siapapun di sekitar anda, termasuk interviewer.



Jangan lempar tatapan

Fokus. Jika anda sedang dihadapkan dengan satu orang HRD, Sementara saat tanya jawab, jangan pernah lempar tatapan/ lempar pandangan. Fokus tatap mata interviewer, semakin banyak anda melempar pandangan, semakin banyak pula ketidak-pedean dalam diri anda saat interviewer. Jika HRD lebih dari 1, berbagilah tatapan.


Meyakinkan, efektif

Jawab apa yang ditanyakan dengan lugas dan jelas, gunakan tangan untuk mendukung apa yang anda sampaikan. Jika ada pertanyaan tentang materi pekerjaan dan anda tidak tahu jawabannya, jangan pernah bilang “saya gak tahu pak/bu”. Baiknya, katakan, “saya rasa mengenai ……. saya perlu belajar lagi pak/bu”.

Jika ditanyakan tentang salary, sebaiknya sebelum interview kerja, cari informasi range gaji perusahaan tersebut dari sumber yang anda percaya, baiknya sebutkan angka pasti, dan jangan malu, karena pada prinsipnya perusahaan itu sudah biasa dengan hal-hal professional, katakan berapa anda mau digaji. Jika yang anda sebut terlalu tinggi, perusahaan pasti akan menawar, di tahap itu atau sesi berikutnya pasti ada pembicaraan khusus mengenai gaji. Kecuali gaji yang anda sampaikan sangat tidak wajar.

Ada pertanyaan terakhir ?

Prinsipnya jangan sia-siakan apapun pertanyaan dari HRD, gunakan momen ini untuk bertanya tentang bagaimana proses selanjutnya, contoh : “Pengumuman lolos/tidaknya tanggal berapa pak/bu?”, ”Jika lolos pengumuman, pemberitahuan melalui apa pak/bu”, dll. Pertanyaan semacam itu menunjukkan antusias-nya anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.


Demikian Tips Interview Kerja khususnya bagi fresh graduate, semoga informasinya dapat bermanfaat.
Advertisement

0 Response to "Tips Interview Kerja Bagi Fresh Graduate Agar Sukses"

Posting Komentar