Tahapan Tes Pramugari Lion Air Dari Awal Sampai Akhir dan Detailnya

Tahapan Tes Pramugari Di Lion Air – Lion Air sebagai perusahaan maskapai Airlines yang ada di Indonesia menjadi kredit tersendiri bagi orang yang berminat bekerja sebagai awak kabin. Secara keseluruhan seleksi pramugari Lion Air biasanya dilakukan di pusat dan di daerah. Perihal Informasi mengenai lowongan kerja dan rekrutmen bisa kita dapatkan dari website resmi Lion Air beserta dengan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi ketika walk in interview nantinya. Umumnya dokumen persyaratan tidak di apply pada website secara langsung tapi wajib di bawa pada saat waktu tes yang telah di tetapkan.

Tahapan tes pramugari Lion Air terbilang lebih sederhana jika dibandingkan dengan tahapan seleksi di beberapa maskapai lainnya.

Tahapan Tes Pramugari Lion Air 2020 berdasarkan pengalaman


Tahap Registrasi pertama

Pada tahap ini biasanya calon pramugari di cek tinggi badan dan berat badan dengan menggunakan sistem gugur, selain itu juga mengisi formulir yang disediakan panitia. Tidak lupa untuk menyertakan dan menyesuaikan dokumen yang diperlukan sesuai yang tertera pada website (background check). Background check Lion Air telah tergabung pada tahap pertama ini, hanya sebatas penyerahan dokumen.


Tahap Performance Test

Tes ini secara umum untuk melihat kondisi kulit mulai dari tangan, kaki, lutut serta lainnya untuk mengetahui apakah ada bekas luka yang parah atau tidak. Semuanya tes berhubungan dengan performa penampilan agar mendapatkan calon pramugari yang ideal.


Tahap Tes wawancara

Tes wawancara ini untuk mengukur lebih dalam kandidat, mulai dari pengetahuan mengenai maskapai, pramugari serta kepribadian. Interview User serta kompetensi digabung menjadi satu, di saat dinyatakan lulus maka langsung mengikuti tahap selanjutnya tanpa ada wawancara lagi.


Tahap Psikotes dan Bahasa Inggris

Setelah dinyatakan lulus wawancara maka tahap seleksi selanjutnya ialah psikotes dan bahasa inggris. Tes tulis secara umum ini sudah disesuaikan dengan standar untuk menjadi pramugari.


Tahap Medex (Medical Examination)

Bedanya tahapan seleksi pramugari di Lion Air tidak sebanyak dengan tahapan seleksi di Garuda Indonesia. Tahap akhir untuk penentuan kelulusan ialah ada pada tes medex/tes kesehatan. Tidak terlalu banyak tes yang dijalankan pada fase tes ini yakni hanya sekitar fisik, tes darah juga spirometri, dan karena ini sebagai tahap akhir maka persiapkan diri sebaik mungkin


Tes Pantukhir Pramugari Lion Air Daerah dan Jakarta

Seperti yang telah dipaparkan di atas, pada dasarnya Anda dapat mengikuti rekrutmen dimanapun dilaksanakan baik itu di daerah atau pusat. Untuk tes pramugari di daerah atau kota-kota besar selain Jakarta tahapan seleksi FA Lion Air hampir sama, setelah Anda dinyatakan lulus tes medex maka tinggal menunggu tanda tangan kontrak kerja dengan pihak maskapai. Semua tahapan seleksi daerah dilakukan di wilayah yang bersangkutan atau tidak ada tes yang dilakukan di Jakarta.

Sedangkan untuk tes yangg dilakukan di Pusat atau Jakarta, kelulusan ditentukan pada tahap tes Pantukhir. Setelah dinyatakan lulus tes medex peserta wajib melaksanakan satu tahapan seleksi lagi yakni pantukhir. Pantauan terakhir atau yang biasai tes pantukhir biasanya dilakukan oleh direksi dari maskapai. Kunci sukses lulus penilaian pada tes pantukhir ini ialah penampilan dan wawancara, untuk menghasilkan pertimbangan apakah Anda tepat untuk menjadi pramugari atau tidak. Rekrutmen FA di Lion Air selalu terbuka untuk setiap pelamar yang berminat ingin menjadi pramugari di maskapai tersebut, dan setiap maskapai mempunyai aturan masing-masing untuk jadwal rekrutmen. Biasanya jadwal untuk rekrutmen Lion Air dilakukan pada hari tertentu misal Senin dan Rabu. Tahapan tes di Lion Air ini sama dengan tahapan tes pramugari Batik Air yang merupakan anak perusahaan dari lion.