Betapa Sulitnya Jadi Seorang Fresh Graduate Saat Melamar

Umumnya beberapa perusahaan besar membutuhkan para pelamar kerja yang memiliki pengalaman dalam bekerja, setidaknya 3 sampai 4 tahun. Dan tentunya hal tersebut dapat membuat anda yang memang saat ini tidaklah memiliki pengalaman dalam bekerja atau masih fresh graduate menjadi sangatlah ciut. Jika perusahaan-perusahaan hanya menerima pelamar kerja yang memiliki pengalaman, lantas kapan giliran anda mendapatkan pekerjaan yang anda impikan ?

Mungkin anda juga memiliki pengalaman dalam bekerja, namun perusahaan menganggap lingkup acara yang anda miliki tidaklah cukup besar untuk mengangkat nilai anda. Kalau demikian, bagaimana anda akan memiliki pengalaman jika ketika anda melamar pekerjaan anda ditolak terus.

Sulitnya Jadi Seorang Fresh Graduate
Kredit gambar : hipwee.com

Sebenarnya para lulusan baru telah bisa memenuhi persyaratan yang memang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Setidaknya mereka hanya perlu menyadari hal tersebut, serta mengemasnya dengan lebih baik lagi dalam surat lamaran kerja dan CV atau resume. Untuk langkah awal yang harus anda lakukan yaitu anda harus mempertimbangkan pengalaman anda ketika anda mengerjakan beberapa proyek ketika anda berada di bangku perkuliahan, juga termasuk apa yang anda anggap tidak cukup layak untuk anda bicarakan. Setelah itu yang harus anda lakukan adalah mengejar ketinggalan-ketinggalan tersebut.

Membangun “jembatan”

Ketika anda tengah menjalankan proses wawancara kerja, anda harus mempersiapkan beberapa jawaban yang dianggap tepat untuk anda lontarkan. Dan ketika topik terkait pengalaman kerja dibahas, anda harus mencari jawaban yang tidaklah mengungkit pekerjaan lama anda.

Agar anda bisa menjembatani diri anda dengan rekan kerja anda yang lebih senior, maka anda harus mengamati skill yang selama ini anda miliki, serta beberapa tugas yang pernah anda selesaikan selama anda berada di dunia perkuliahan.



Kursus

Jika pengalaman anda di kampus serta keterampilan yang anda miliki tidak cukup menjual, anda bisa mencoba untuk meningkatkan pengetahuan ataupun keterampilan yang disesuaikan dengan apa yang diminta oleh pekerjaan tersebut. Misalnya jika anda tidak memiliki kemampuan teknis untuk pekerjaan yang selama ini anda inginkan, maka setidaknya anda bisa mengikuti kursus agar bisa membuat diri anda dapat memenuhi persyaratan tersebut.



Menjadi relawan

Selain itu, dalam memperoleh kemampuan secara teknis juga bisa anda dapatkan dengan mengandalkan kemampuan yang anda miliki untuk bekerja di perusahaan nirlaba. Mungkin anda tidak akan memiliki keuntungan secara finansial, namun dengan demikian anda akan membangun jejaring yang tidaklah kalah penting.



Pekerjaan temporer

Perusahaan biasanya menyediakan pekerjaan temporer, pekerjaan tersebut disediakan karena perusahaan memang belum siap menerima karyawan secara full time. Di sisi lain, pekerjaan paruh waktu ini sangatlah cocok bagi anda yang memang ingin bekerja secara fleksibel. Dengan cara ini mungkin anda akan mendapatkan sedikit banyak pengalaman dalam bekerja, serta anda juga akan bertemu dengan banyak orang yang memang sudah profesional.




Membangun jejaring

Ketika anda akan membangun jejaring, maka cara yang bisa anda gunakan sangatlah banyak. Misalnya anda ikut bergabung dengan asosiasi profesional di perusahaan, serta anda rajin untuk menghadiri pertemuan bulanan yang diadakan oleh perusahaan tersebut. Dengan cara tersebut, setidaknya anda bisa menemui beberapa orang yang memiliki jabatan yang sangatlah aktif. Jejaring juga bisa dibilang salah satu cara yang paling efektif guna menemukan pekerjaan yang selama ini anda impikan, terutama jika anda tidaklah memiliki pengalaman dalam bekerja yang cukup banyak.
Advertisement

0 Response to "Betapa Sulitnya Jadi Seorang Fresh Graduate Saat Melamar"

Posting Komentar