Alasan Menjadi Sukarelawan Penting Untuk Kesuksesan Karir

Untuk saat ini mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak diantaranya persyaratan serta kualifikasi individu yang harus benar-benar dimiliki oleh seorang pencari kerja agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang selama ini telah mereka impikan. Dan salah satu syarat yang sering diminta oleh pihak perusahaan terutama perusahaan besar yaitu terkait dengan pengalaman dalam menjadi seorang sukarelawan.

Berikut ini beberapa alasan yang sangatlah penting untuk kemajuan karir anda.

Alasan Menjadi Sukarelawan Penting Untuk Kesuksesan Karir



Mengembangkan kemampuan

Jika anda memiliki pengalaman ikut bergabung dengan sebuah komunitas serta menjadi seorang sukarelawan yang baik, biasanya anda akan mendapatkan atau memiliki keahlian atau kemampuan yang banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menjadi sukarelawan. Dengan anda mengikuti beberapa kegiatan sukarelawan, setidaknya anda bukan hanya bisa mengembangkan kemampuan yang anda miliki atau pun nantinya anda akan menemukan bakat-bakat yang baru pada diri anda, namun anda juga bisa memperluas cara pandang anda.



Mengisi kekosongan resume anda

Banyak diantaranya pihak perusahaan yang mengharuskan para calon karyawan barunya memiliki pengalaman bekerja pada bidang yang telah ditentukan, dan minimalnya pengalaman kerja itu selama 1 – 2 tahun kerja. Akan tetapi jika anda merupakan seorang fresh graduate, kemungkinan besar anda belum bisa memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pihak perusahaan. Oleh sebab itu, jika anda memiliki pengalaman menjadi sukarelawan, anda bisa memasukkan pengalaman menjadi sukarelawan tersebut sebagai kompensasi tidak adanya pengalaman anda dalam bekerja yang memadai. Dan tentunya hal ini akan menjadi salah satu poin tambahan bagi anda.


Membangun koneksi

Dalam suatu komunitas atau pun hobi yang anda miliki atau pun bentuk kemanusiaan, maka anda akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam karakter yang dimilikinya serta latar belakang yang sangatlah berbeda-beda. Mungkin dengan itu anda bisa menjadikan mereka sebagai koneksi yang baik bagi anda guna mendapatkan lowongan pekerjaan yang selama ini anda impikan, atau bahkan sebagai rekomendasi penerimaan karyawan baru. Dengan anda mengembangkan kemampuan anda melalui kegiatan sukarela, maka hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi anda, bukan merugikan diri anda.


Meningkatkan kreativitas

Ketika anda mengikuti suatu kegiatan komunitas, biasanya para anggota dari kegiatan tersebut akan diminta untuk mengeluarkan berbagai macam ide yang nantinya bisa menjadi suatu sumber inspirasi bagi satu sama lain. Dengan demikian, anda akan lebih mampu mengeksplor kreativitas yang selama ini mungkin masih terpendam dalam diri anda, padahal kreativitas itu baik untuk anda. Dan biasanya perusahaan besar akan lebih banyak memilih calon karyawannya yang memiliki kekreatifan yang tinggi daripada mereka yang hanya memiliki modal nilai dari akademik saja, walaupun nilai itu sangatlah tinggi
Advertisement

0 Response to "Alasan Menjadi Sukarelawan Penting Untuk Kesuksesan Karir"

Posting Komentar