Apa HRD Bisa Membaca Karakter Kita Lewat Tulisan Surat Lamaran Kerja ?

Sebetulnya ada apa dengan surat lamaran kerja Kita? sudah berlembar surat dikirimkan tapi nyatanya panggilan wawancara tak kunjung didapat. Buat Kamu yang memiliki perasaan seperti ini tentu saja semestinya bisa mencari alasannya, selain CV untuk melamar kerja faktanya surat lamaran kerja pun bisa menjadi penilaian para staf rekruiter/ personalia.

Surat lamaran kerja atau cover letter biasanya tampilan awal yang dilihat oleh rekruiter. Karena tampilan awal itulah maka surat lamaran bisa menjadi penilaian awal yang bisa dipertimbangkan oleh rekruiter pada kandidat pelamar kerja. Kesan pertama bisa memberikan kesan berikan kesan berikutnya, jika sudah memikat hati akan memudahkan jalan pada langkah berikutnya. Mungkin itulah sugesti yang mesti Kamu tanamkan ketika menulis surat lamaran kerja agar tampak menarik sekaligus menjukan kepribadianmu. Kepiawaianmu menulis setidaknya bisa membantu memberikan referensi yang cukup buat staf rekruiter, sehingga disaat melamar pekerjaan surat lamaran bisa memberikan informasi buat pemberi kerja Bahwa pelamar berminat untuk menempati posisi yang sudah ditawarkan perusahaan.

Apa HRD Bisa Membaca Karakter Kita Lewat Tulisan Surat Lamaran Kerja ?

Menurut Sutanto Windura yang ditulis pada bukunya berjudul “Brain Management for Managing people”, menjelaskan kepribadian apa saja yang dapat dilihat oleh pihak perusahaan ketika membaca surat lamaran tersebut

Koleris
Gaya bahasa agak agresif, punya kepribadian dinamis dan suka tantangan, bersemangat dalam segala hal, kesungguhan sanggup bekerja keras, Cepat belajar, Punya keinginan kuat, Berorientasi pada tujuan.

Sanguinis
Gaya bahasa ringan, lincah dan akrab, namun tetap menjaga formalitas, Punya kepribadian menyenangkan, suka bersosialisasi dengan orang lain, Punya pikiran positif.

Melankolis
Gaya bahasa formal, Tata bahasa terstruktur, Tidak ada salah ketik dalam penulisan dan rapi, Menunjukkan kesan orang konsisten, Menyusun lampiran surat lamaran kerja terorganisir dan rapi.

Phlegmatis
Gaya bahasa tidak terlalu formal, mengesankan kepribadian yang hangat, mampu bekerja efisien, Senang bekerja dalam sebuah tim, Mengesankan mudah bekerja sama dengan semua orang, Menyukai pekerjaan administratif.

Dari keempat karakter yang bisa dibaca rekruiter pada surat lamaran kerja Kamu, hal ini menjadi indikasi awal untuk mencocokan karakter Kamu dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada posisi yang ditawarkan. Sedikit catatan dari penulis, jangan memanipulasi kepribadian sendiri gara-gara ingin menyamakan antara lowongan yang ada dengan surat lamaran, karena jika tidak pas dengan kepribadian diri sendiri maka akan menyusahkan diri sendiri untuk berkembang.

Nah, buat Kamu yang mungkin saja lupa pada pelajaran bahasa Indonesia. Sekedar mengingatkannya kembali, kalau surat lamaran pekerjaan termasuk surat pribadi namun resmi, jadi bahasa yang digunakan ialah ragam bahasa Indonesia resmi/formal. Ada beberapa hal yang mesti Kamu perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja ;

Bila surat lamaran pekerjaan ditulis berdasarkan iklan, sebaiknya Kamu mengikuti persyaratan yang diminta oleh perusahaan atau instansi yang memasang iklan tersebut.
Bila alamat yang ditujukan bukan alamat email tapi merupakan kotak pos atau PO Box, penulisan penulisan alamatnya dianjurkan seperti ini :

Yth. Pemasang Iklan pada Harian Bandung Post
PO Box 3257 BDG
Bandung

Surat lamaran harus ditulis mengikuti aturan penulisan surat resmi baik dari segi bentuk ,isi maupun bahasanya.

Itulah beberapa masukan buat Kamu yang ingin menulis surat lamaran kerja yang mungkin saja belum Kamu ketahui. Next, jangan remehkan arti sebuah surat lamaran kerja karena dibalik itu akan tersimpan makna dan berbagai alasan yang mungkin saja bisa merubah nasibmu. Staf personalia/ HRD bukanlah seorang peramal, tapi mereka tahu cara menilai karakter kandidat yang dibutuhkannya. Salam sukses.
Advertisement

0 Response to "Apa HRD Bisa Membaca Karakter Kita Lewat Tulisan Surat Lamaran Kerja ?"

Posting Komentar