Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional Intip 7 Poin Ini

Surat lamaran kerja profesional – halaman utama dalam surat lamaran kerja merupakan satu hal utama yang akan di lihat atau di baca oleh pihak perusahaan ketika mereka membuka file atau berkas lamaran kerja Anda. Agar Anda tidak mengalami kegagalan dari tahapan awal melamar kerja, maka alangkah lebih baik jika Anda dapat menghindari beberapa kesalahan yang seharusnya tidak Anda muat atau cantumkan di dalam surat lamaran kerja Anda.

Dan berikut ini ada beberapa saran yang bisa Anda ikuti ketika Anda akan membuat surat lamaran kerja, yaitu sebagai berikut:

Format Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional  Intip 7 Poin Ini

Tips Surat Lamaran Kerja Profesional 

Menggunakan kata ‘Saya’ yang terlampau banyak
Ketika membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Anda fokuskan diri Anda untuk menjelaskan kemampuan yang Anda miliki, yang memang di butuhkan oleh perusahaan yang Anda lamar. Dan Anda harus menghindari penggunaan kata “saya” yang terlalu banyak.

Membuat kalimat yang melemahkan diri
Ketika Anda hendak membuat surat lamaran kerja, pastinya Anda akan mengalami beberapa hambatan ketika menulis surat lamaran kerja, salah satunya ketika membuat kata pembuka. Dan akhirnya kesulitan ini menghasilkan pengenalan diri yang cenderung lemah tanpa bisa membuat pihak perusahaan tertarik untuk membaca surat lamaran kerja Anda. Maka dari itu, Anda jangan membuat kalimat yang memang bisa melmahkan diri Anda.

Jangan lupakan Selling Point
Surat lamaran kerja merupakan satu lembar kertas yang sudah seharusnya bisa menjual kemampuan atau kompetensi yang Anda miliki kepada pihak perusahaan. Sama halnya ketika Anda membuat CV atau resume, dalam membuat surat lamaran kerja, sebaiknya berisikan alasan utama mengapa Anda harus di panggil untuk melangsungkan sesi wawancara kerja.

Terlalu panjang
Buatlah surat lamaran kerjayang singkat namun jelas, jangan sampai Anda membuat surat lamaran kerja melebihi satu halaman. Karena hal tersebut sangatlah tidak efektif, dan Anda terkesan tidak profesional.

Isi harus jelas
Walaupun isi dari surat lamaran kerja yang Anda buat singkat, namun tetap Anda harus membuatnya dengan jelas. Jika Anda membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan pekerjaan, pastikan kalau Anda mencantumkan jabatan atau posisi yang Anda lamar, sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan.

Mengakhiri surat dengan kalimat pasif
Anda harus bisa mengakhiri surat lamaran kerja yang Anda buat dengan sebaik mungkin, karena akhir dari surat lamaran kerja Anda juga merupakan masa depan Anda. Dan sebaiknya Anda membuat akhir dari surat lamaran kerja yang memiliki sifat memberi janji untuk menindaklanjuti.

Tidak lupa menandatangani surat
Jangan lupa untuk Anda memberikan tanda tangan pada surat lamaran kerja yang Anda buat, guna membuktikan kalau surat lamaran kerja tersebut benar-benar Anda yang membuat. Terkecuali jika Anda membuat surat lamaran kerja via email.

Itulah beberapa hal saran dalam membuat surat lamaran kerja profesional yang efektif serta harus Anda perhatikan dengan baik. Semoga artikel yang kami posting kali ini bisa sangat membantu Anda semua.
Advertisement

0 Response to "Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional Intip 7 Poin Ini"

Posting Komentar