6 Hal yang Harus Dimiliki Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

Date Posted

Surat lamaran kerja agar diterima – selain mencari dan memiliki sebuah contoh surat lamaran kerja, Anda juga harus mengatahui hal apa saja yang harus termuat dalam surat lamaran tersebut karena untuk membuat surat lamaran yang baik, tidaklah cukup dengan memiliki sebuah contoh surat, melainkan harus mengetahui hal lainnya yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran tersebut, agar surat lamaran yang Anda buat bisa menjadi surat lamaran yang baik diterima perusahaan.

Surat lamaran kerja yang baik adalah surat lamaran yang tertulis dengan tepat sesuai dengan apa yang telah ditentukan dan harus dimiliki dalam surat lamaran tersebut. Mungkin bagi Anda yang awam dalam pengetahuan penulisan surat lamaran ini masih merasa bingung tentang hal apan saya yang harus dimiliki surat lamar  kerja.

6 Hal yang Harus Dimiliki Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

Nah, tepat sekali berada dihalaman ini.  Setelah saya mempostingkan banyak contoh surat lamaran kerja yang baik untuk referensi surat lamaran yang Akan Anda buat, di halaman ini saya akan mencoba membagikan mengenai hal-hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja sebagai pegangan Anda dalam menulis surat lamaran yang akan dilakukan agar tidak membuat dan mencontoh surat lamaran yang salah. Untuk beberapa hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja, Berikut penjelasannya :

6 Hal yang Harus Dimiliki Surat Lamaran Kerja Agar Diterima 


Alamat Tujuan Surat Jelas
Ketahui nama dan jabatan yang akan Anda tuju serta alamt surat lamaran tersebut secara spesifik sehingga penerima surat akan merasa bahwa Anda benar-benar serius. Bila tidak sempat mengetahui namanya, boleh Anda tuliskan jabtannya saja. Hindari penulisan alamat atau orang yang Anda tuju denga kata ditempat, tulis dengan jelas alamat perusahaan tersebut jika ingin dihargai oleh pihak perekrut, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahu nama dari pihak perusahaan yang menerima surat lamatan Anda.

Menjelaskan Maksud Dan asal informasi yang didapat
Pada paragraf pertama Anda tuliskan dari mana informasi lowongan tersebut Anda dapatkan secara lengkap, dan tuliskan maksud dari surat lamaran tersebut dengan jelas. Ini berguna agar pihak perushaan tidak bertanya-tanya mengenai hal ini dan bisa mngerti maksud dari surat lamarn yang Anda berikan.

Perkenalkan Diri dengan singkat
Dalam surat lamaran ini, Anda akan emnuliskan bodata diri Anda, tuliskan dengan singkat penjelasan identitas Anda, cukup dengan menuliskan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, jenis kelamin, alamat, telepon dan status Anda.

Informasi Menarik
Setelah menuliskan biodata diri secara singkat, tulis informasi yang menarik perhatian perusahaan terhadap anda dengan menuliskan kelebihan yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut. Baik iu dari potensi, pengalaman atau dari latar belakang pendidikan serta prestasi yang pernah Anda raih. Tuliskan secara singkat dan jelas.

Lampiran
Fungsi lampiran disini yaitu sebagai penjelas dari informasi diri pelamar, untuk lampiran berupa data bentu foto copy biasa yang dilampirkan yaitu KTP, Surat keterangan sehat, SKCK, Ijazah, daftar riwayat hidup srta sertifikat lain yang Anda miliki dan dokumen lain yang diminta perusahaan.

Tuliskan Harapan Rasa ingin Bekerja
Diakhir paragraf tuliskan harapan dan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan, yakinkan mereka bahwa Anda bernar-benar ingin bergabung bekerja. Dan janagn lupa untuk ucapkan terima kasih diakhir.

Nah,itulah beberapa hal yang harus dimuat dalam surat lamaran kerja, bila surat lamaran yang Anda buat ingin menjadi surat lamaran yang baik, tuliskan beberapa poin tersebut dalam surat lamaran kerja Anda.  Semoga ini bermanfaat dan bisa membantu persiapan Anda.