Tips Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja, Pahami Ini Dulu !!!

Tips menghadapi kontrak kerja - ketika anda mulai menapaki di dunia kerja, ini merupakan sebagai babak awal karir anda memasuki dunia nyata dalam sebuah kompetisi hidup. Patut diketahui bagi anda yang baru memulainya, sistem ketanagakerjaan dinegeri kita mengenal dengan sistem kontrak kerja. Ketika anda lulus seleksi dan wawancara kerja, pada akhirnya anda akan diketemukan dengan sebuah perjanjian kontrak kerja yang harus anda tandatangani. Tapi tunggu dulu!, sebaiknya anda jangan terlalu bahagia ketika anda dinyatakan diterima kerja hingga anda cermat saat penandatanganan kontrak kerja.

Alih-alih dengan rasa sukacita yang berlebih, terkadang lupa dan sedikit membaca tentang isi perjanjian kontrak. Hal ini sering terjadi bagi para pelamar pemula dan baru pertama kali mendapat pekerjaan. Memahami draft perjanjian kontrak itu penting, agar anda tidak dirugikan dikemudian hari karena mungkin saja ada beberapa pasal yang bisa saja memberatkan dan tidak disadari oleh anda. Supaya anda lebih memahami, silakan perhatikan beberapa pertimbangan berikut ini :

Tips Saat Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja

  • Jika hal sebagai kontrak kerja anda, pertimbangkan harapan yang realitis terutama perihal gaji. Setidaknya anda sudah punya gambaran jelas tentang berapa gaji yang nanti anda terima susai dengan kompetensi dan masa kerja yang anda miliki sesuai dengan kondisi perusahaan. Atas pertimbangan proporsional inilah yang dapat membantu anda ketika hendak menandatangani perjanjian kontrak kerja.
  • Pelajari paket benefit yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa aspek gaji merupakan salah satu komponen dari sebuah paket yang ditawarkan dan disediakan perusahaan seperti asuransi kesehatan, tunjangan, ataupun fasilitas-fasilitasnya. Jika ada beberapa hal yang anda belum pahami, sebaiknya jangan takut maupun sungkan untuk ditanyakan seperti benefit lain diluar gaji yang disediakan perusahaan. Sebelum menandatangani kontrak kerja, bila anda sudah berpengalaman silakan bandingkan dengan perusahaan sebelumnya.
  • Yakinkan diri anda bahwa pekerjaan yang anda lamar adalah pekerjaan yang tidak berbanding terbalik dengan karakteristik anda. Ketika anda menandatangani kontrak kerja, sebaiknya hindari pemikiran yang menyebabkan kebahagiaan dan kepuasan bekerja adalah gaji dan bonus tinggi padahal anda tidak menyukai pekerjaan tersebut.

Ingat, melamar kerja pada dasarnya separuh dari keseluruhan pekerjaan  yang anda geluti nanti. Ini artinya anda mengetahui berbagai konsekuensi resiko, beban tugas maupun ruang lingkup pekerjaannya. Setidaknya sebelum menantangi kontrak kerja, anda memahami berbagai perubahan yang akan dihadapi ketika menerima sebuah proyek kerja. Rencanakan hal ini dengan pertimbangan yang matang, sebelum berhenti ditengah jalan yang malah menurunkan kredibilitas diri anda sendiri.
Advertisement

0 Response to "Tips Sebelum Menandatangani Kontrak Kerja, Pahami Ini Dulu !!!"

Posting Komentar