Contoh Psikotes Menggambar Objek dan Cara Mengerjakannya

Ketika anda mengikuti seleksi masuk kerja, tidak jarang akan berhadapan dengan yang namannya ujian psikotes. Soal-soal psikotes memiliki peran penting dalam mengukur karakteristik kandidat yang akan direkrut perusahaan, tentu saja disesuaikan dengan tugas, tanggungjwab serta posisi yang ditawarkan perusahaan itu. Ya. Psikotes menggambar adalah menjadi salahtunya, dimana psikotes ini memiliki berbagai jenis soal, salah satunya soal psikotes menggambar objek. Buat anda yang ingin berlatih, mari kita cari tahu cara mengerjakannya.

Berikut ini contoh Psikotes menggambar objek dan ulasan cara mengerjakannya : Perhatikan gambar di samping, Buatlah gambar dengan mengembangkan garis lengkung hingga menjadi gambar yang baik dan bermakna!

Contoh Psikotes Menggambar Objek dan Cara Mengerjakannya

Sebelum anda menjawabnya, kenali dan pahami dahulu maksud dan tujuan dari soal di atas. Dibalik rahasia sebuah gambar, makna yang tersirat sering menunjukkan ekspresi kejiwaan. kehalusan dalam menggoreskan pena, pensil atau kuas bisa digunakan untuk memahami karakter dasar seseorang. Oleh sebab itu, psikotes menggambar objek mampu mengurai rahasia dibalik tipe dan teknik menggambar, seringkali menunjukkan cara pandang orang itu terhadap suatu persoalan. Tes ini menjadi cara bagi seorang penguji / psikolog untuk mengetahui kepribadian calon karyawan dilihat dari cara menggambar dan apa yang digambar.

Petunjuk mengerjakan soal psikotes menggambar objek: Ada sebuah kotak yang berisikan garis lengkung. luangkanlah kreativitas anda untuk membuat bentuk-bentuk tersebut menjadi gambar yang dapat diartikan! Setelah itu berilah judul sesuai dengan makna gambar yang anda buat, cantumkan urutan ketika anda mengerjakan psikotes menggambar objek ini.
Cara mengerjakan soal psikotes menggambar objek :
  • Yang perlu anda perhatikan, untuk awalan berupa garis lengkung, sebaiknya Anda menggambar benda hidup. Dan sebaliknya untuk garis lurus, sebaiknya anda menggambar benda mati. Pilosofi psikotes menggambar objek ini seperti kita tahu, benda buatan alam lebih menunjukkan bentuk-bentuk yang tidak kaku seperti pada buatan manusia.
  • Dalam mengerjakan psikotes menggambar objek usahakan media gambar bersih, tidak banyak sisa hapusan karena kesalahan menarik garis.
  • Paling tidak anda bisa menggambar psikotes menggambar objek sesuai dengan karakter asli bentuk yang anda maksud. Usahakan menggambar sesuatu yang unik atau tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang, tapi tidak terlalu abstrak seperti lukisan gaya kontemporer yang mengundang banyak persepsi. Misalnya, untuk sebuah garis lengkung, biasanya peserta menggambar payung dan jamur. Alternatif yang jarang dipakai di antaranya, telur, keranjang berisi suah, dan wanita berjilbab.
Advertisement

0 Response to "Contoh Psikotes Menggambar Objek dan Cara Mengerjakannya"

Posting Komentar